Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 2.2

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 2.2
infogurumaju.my.id - halo sahabat info guru maju, apakah sedang mengikuti program guru penggerak ?? Kali ini admin akan membagikan koneksi antar materi yang admin sadur dari youtube rekan kita Asih Prihatin. Ada beberapa hal yang perlu di jelaskan dalam koneksi antar materi modul 2.2

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 2.2

Sebelum mempelajari modul ini

Saya berpikir bahwa pembelajaran sosial emosional tidaklah perlu dikaitkan dalam pembelajaran dikelas, tidak perlu dipelajari khusus bagi guru. Sehingga dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman warga sekolah dapat meningkatkan kompetensi akademik dan kesejahteraan psikologis (well-being) tanpa pembelajaran sosial emosional

Setelah mempelajari modul ini ternyata

Pembelajaran sosial dan emosional sangat berpengaruh untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman agar seluruh individu disekolah dapat meningkatkan kompetensi akademik dan kesejahteraan psikologis (well-being) secara optimal.

Sehingga saya membiasakan murid dan warga sekolah lainnya mengenali emosi pada dirinya dan mengenalkan serta menerapkan teknik STOP agar mendapatkan kesadaran penuh untuk belajar dan melakukan aktivitas lainnya dengan lebih baik.

Berkaitan dengan kebutuhan belajar dan lingkungan yang aman dan nyaman untuk memfasilitasi seluruh individu di sekolah agar dapat meningkatkan kompetensi akademik maupun kesejahteraan psikologis (well-being). Hal mendasar dan paling penting yang saya pelajari adalah :

  • 5 kompetensi sosial emosional yang meliputi kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, keterampilan berelasi dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab
  • 5 kesadaran penuh (mindfulness) dapat diartikan sebagai kesadaran yang muncul ketika seseorang memberikan perhatian secara sengaja/ sadar pada kondisi saat sekarang. Dilandasi rasa ingin tahu (tanpa menghakimi) dan kebaikan yang sebenarnya telah ada dalam diri manusia secara alami tanpa perlu diajarkan ataupun ditumbuhkan.
  • kesejahteraan psikologis (well-being) adalah kondisi sebuah individu yang memiliki sikap positif terhadap diri sendiri dan oranglain dapat membuat keputusan dan mengatur tingkah lakunya sendiri dan dapat memenuhi kebutuhannya sendiri.

Perubahan yang akan saya terapkan dikelas dan sekolah bagi murid-murid.

  • mengintegrasikan pembelajaran sosial emosional dalam kegiatan pembelajaran
  • menghadirkan mindfulnees murid dengan teknik STOP
  • pembelajaran lebih kreatif sehingga mampu mengembangkan 5 KSE
  • menghadirkan peristiwa yang menarik dalam KBM sehingga murid menjadi lebih tertarik dalam belajar

Perubahan yang akan saya terapkan dikelas dan sekolah bagi rekan sejawat:

  • Berusaha menjadi teladan penerapan KSE
  • Berbagi praktik baik penerapan KSE
  • Berkolaborasi dengan sesama CGP terkait penerapan KSE 
  • Mengajak dan mendampingi penerapan KSE rekan sejawat

Koneksi Antar Materi

Filosofi KHD, Nilai dan Peran Guru Penggerak

Dengan memiliki keterampilan sosial emosional dalam pembelajaran berarti kita sudah menerapkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara yaitu pentingnya pembelajaran budi pekerti bagi murid, agar bisa memperoleh kebahagiaan setinggi-tingginya sebagai warga masyarakat. Dengan KSE guru dapat menuntun murid untuk menuntun segala kodrat alam dan kodrat zaman yang ada pada anak sehingga mencapai kebahagiaan dan keselamatan yang setinggi-tingginya sebagai individu dan anggaran masyarakat.

Peran dan Nilai guru penggerak

Pembelajaran sosial emosional dapat menumbuhkan peran dan nilai guru penggerak dalam mewujudkan proses pembelajaran yang berpusat pada murid. Dengan PSE guru dapat mengelola emosinya sehingga proses pembelajaran yang berpusat pada murid akan berjalan dengan seimbang. Guru dapat menciptakan “well-being” ekosistem pendidikan di sekolah, sehingga pembelajaran akan manjdai nyaman, sehat dan mebahagiakan bagi murid.

Visi Guru Penggerak dan Budaya Positif

Guru harus mampu menggunakan segala kekuatan dan potensi yang ada untuk mengembangkan budaya positif di sekolah. Maka dengan PSE guru dapat mengenali dan memahami emosi masing-masing yang sedang dirasakan sehingga mampu mengontrol diri dan dapat menerapkan disiplin positif secara baik sesuai dengan kesadaran diri (self awarness). Bila hal tersebut tercapai maka murid dengan kesadaran penuh (mindfulness) menerapkan budaya positif tersebut.

Pembelajaran Berdiferensiasi

Kompetensi Sosial Emosional (KSE) murid berkembang, maka aspek akademik merekapun berkembang. Hal ini selaras dengan pembelajaran berdifernsiasi yaitu serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid. Bagaimana guru menciptakan lingkungan belajar yang “mengundang” murid untuk belajar dan bekerja keras untuk mencapai tujuan belajar yang tinggi.

Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 2.2"