Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

2.2.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 13 Guru Penggerak

2.2.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 13 Guru Penggerak
infogurumaju.my.id - Tidak terasa sahabat guru penggerak sudah sampai minggu ke-13 dalam kegiatan PGP ini. Hal ini tentu terasa berat jika tidak dijalani dengan rasa senang, semangat dan rasa berbagi yang tinggi dari sahabat sekalian.
Seperti biasa, setiap akhir minggu sahabat dituntut untuk membuat sebuah refleksi mingguan sebagai bahan evaluasi dan pengingat bagi kita bahwa apa yang kita pelajari dapat membawa manfaat yang besar bagi dunia pendidikan di Indonesia. 

2.2.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 13 Guru Penggerak

Dalam membuat refleksi minggu ke-13 ini, admin menggunakan model 4F (fact, feeling, finding, future). Model 4F merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. Model refleksi 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P, dengan pertanyaan sebagai berikut (disesuaikan dengan yang sedang terjadi pada saat penulisan jurnal): 

Fact (Peristiwa)

Di minggu tigabelas ini ada beberapa materi yang harus dipelajari dan beberapa aktivitas pembelajaran yang harus dilalui yaitu;
  • Ruang Kolaborasi Pembelajaran Sosial Emosional
  • Unggah Hasil Kolaborasi dengan Sesama CGP
  • Refleksi Terbimbing Pembelajaran Sosial Emosional
  • Demonstrasi Kontekstual Pembelajaran Sosial Emosional

Feeling (Perasaan

Saat mempelajari materi baru saya merasa bersyukur termasuk bagian dari perubahan karena saya jadi tahu bagaimana mengenali serta mengendalikan emosi dan kesulitan, bagaimana menyikapi peserta didik dengan memunculkan rasa empati bukan penghukuman. Muncul rasa bahagia tatkala berdiskusi dengan Calon guru penggerak lain terkait materi pembelajaran Sosial emosional karena tercerahkannya pemikiran. Berbagi pengalaman pengimplementasian parktik baik yang mampu mengarahkan peserta didik untuk bahagia dan merdeka. 

Finding (Pembelajaran)

Merubah mindset menambah wawasan dan pengalaman harus berproses dalam menyelesaikan kesulitan, tidak reaktif akan tetapi responsif, berpikir secara matang tidak teburu-buru dan menciptakan suasan tenang dalam berpikir dan bertindak. Setelah mempelajari materi PSE ini saya jadi mengetahui bagaimana untuk mengembalikan focus dan mengintegrasikan pembelajaran social emosional dalam kelas, kegiatan sekolah dan budaya positif. Inspirasi dan motivasi diperoleh dengan berdiskusi dengan calon guru penggerak lain pada sesi diskusi dan pengerjaan PSE itu diterapkan di sekolah. 

Future (Penerapan)

Akan mencoba untuk mengimplementasikan pembelajaran Sosial emosional di kelas dan membagikan praktik baik ini kepada warga sekolah lainnya sehingga perubahan akan lebih cepat dirasakan murid. Perlu diadakannya kolaborasi, membuka ruang pikiran untuk berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman dengan seluruh warga sekolah khususnya guru-guru untuk mengciptakan ekosistem pendidikan yang berpusat pada anak dengan menerapkan pembelajaran social emosional. 
Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "2.2.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 13 Guru Penggerak"