Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

1.4.a.9. Koneksi Antar Materi - Budaya Positif

1.4.a.9. Koneksi Antar Materi - Budaya Positif
Halo sahabat infogurumaju_, pada modul 1.4 ini untuk koneksi antar materi sedikit berbeda dengan modul sebelumnya karena dalam modul ini sahabat di minta untuk mengaitkan antara modul 1.1 sampai dengan 1.4 yang sudah dipelajari sebelumnya. 
Dalam koneksi antar materi modul 1.4 mengenai budaya positif ada dua pertanyaan pemantik yang dapat dipakai untuk menyelesaikan sekaligus sebagi bahan diskusi bersama rekan CGP lainnya. 

Buatlah sebuah kesimpulan mengenai mengenai peran Guru Penggerak

Buatlah sebuah kesimpulan mengenai mengenai peran Anda dalam menciptakan budaya positif di sekolah dengan menerapkan konsep-konsep inti seperti disiplin positif, motivasi perilaku manusia, posisi kontrol restitusi, keyakinan kelas, restitusi, segitiga restitusi dan keterkaitannya dengan materi sebelumnya yaitu Filosofi Pendidikan Nasional KHD, Nilai dan Peran Guru Penggerak, dan Visi Guru Penggerak. 
Baca Juga : Tes Akhir Modul 1
  • Budaya positif di sekolah adalah nilai - nilai positif yang diterapkan di sekolah untuk menumbuhkan motivasi intrinsik pada diri siswa yang bertanggung jawab dan berbudi pekerti yang luhur sehingga terwujud profil pelajar pancasila. Mutu dari sekolah dapat dilihat dari budaya positif yang hidup dan dikembangkan warga sekolah.
  • Budaya positif yang ada di sekolah akan membantu pencapaian visi sekolah. Untuk mewujudkan visi sekolah, peran guru yang merupakan ujung tombak kualitas pendidikan di sekolah memegang peranan penting. 
  • Guru penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang siswa secara holistik, aktif berpusat pada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar pancasila, oleh karena itu guru penggerak merupakan ujung tombak untuk menciptakan budaya positif di sekolah dengan melakukan pembiasaan - pembiasaan yang positif, disiplin positif dengan ilmu yang didapatkan dalam pendidikan guru penggerak yaitu kebutuhan dasar dari manusia, motivasi perilaku manusia, keyakinan kelas, posisi kontrol restitusi dan tahapan pada segitiga  restitusi.
  • Pada modul 1.1 tentang konsep pemikiran Ki Hajar dewantara, modul 1.2 nilai dan peran guru penggerak, modul 1.3 visi guru penggerak sangat berkaitan dengan budaya positif. Keterkaitan Pemikiran Ki Hajar Dewantara akan diwujudkan dengan peran dan nilai guru penggerak dan guru penggerak akan menciptakan visi yang perwujudannya melalui tahapan bagja dalam pelaksanaannya harus dibarengi dengan budaya positif. 
  • Jika kita sebagai pendidik memahami dengan benar pemikiran dari Ki Hajar Dewantara maka budaya positif  di sekolah dapat tercipta dalam menuntun murid yang sesuai dengan kodrat alam dan kodrat jaman. Visi yang sekolah yang kita susun yang perwujudannya melalui beberapa tahapan dalam bagja dapat terwujud jika budaya positif sudah terbentuk di sekolah tersebut. 
  • Nilai dan peran guru penggerak dalam menularkan kebiasaan baik dengan guru lain dan membangun budaya positif disekolah adalah dengan membangun komunikasi yang dibarengi dengan keteladanan diri sehingga rekan guru akan mengikuti kebiasaan positif yang dilakukan oleh guru penggerak.

Buatlah sebuah refleksi dari pemahaman atas keseluruhan materi Modul Budaya Positif ini. 

  • Di modul 1.4 kita belajar mengenai : 1) Pemilihan posisi kontrol yang tepat, yakni sebagai penonton dan manajer, 2) membiasakan diri menerapkan segitiga restitusi, dalam tiap penyelesaian masalah, dan 3) mengarahkan motivasi siswa dalam memenuhi kebutuhan dasarnya.
  • Refleksi dari modul 1.4 yaitu posisi kontrol yang tepat yaitu sebagai manajer, penggunaan segitiga restitusi dalam penyelesaian masalah, memotivasi siswa dalam memenuhi kebutuhan dasarnya.
  • Semoga kita bisa bersikap sebagai manager bagi anak-anak dan lingkungan sekolah,agar anak-anak bisa menjadi pribadi yang menyenangkan sesuai dengan kodratnya.
Berikut adalah Rancangan Tindakan untuk Aksi Nyata : 
  • Latar Belakang 
  • Tolok Ukur 
  • Tujuan 
Rancangan Tindakan Aksi Nyata - modul 1.4

Untuk halaman kedua terdiri dari :
  • Lini Masa Tindakan yang di Lakukan 
  • Dukungan yang dibutuhkan 
Rancangan Tindakan Aksi Nyata - modul 1.4

Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "1.4.a.9. Koneksi Antar Materi - Budaya Positif"