Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pretest Google Master Trainer

pretest-gmt
Soal 1

Ms. Pettigrew sedang mencoba mengajar murid-muridnya bagaimana mengatur pekerjaan mereka di dalam Google Drive. Apa fitur Google Drive harus diajarkan? 

  • Cara membuat dan nama folder untuk yang mudah navigasi.
  • Bagaimana menyembunyikan dokumen di tempat sampah.
  • Bagaimana menandai (starred) bintang ke dokumen atau folder agar cepat diakses.
  • Cara menghapus item di 'dibagikan dengan saya' untuk menghemat peyimpanan di Drive.

Soal 2

Sepanjang tahun,siswa Mrs. Michaud membuat project IPA dan ia ingin memantau kemajuan dari project tersebut. Dia membuat Sheets berisi nama siswa dengan kolom nama, tugas, tanggal, dan skor. Aplikasi apa yang dapat membantu Mrs. Michaud untuk menambahkan di Google Sheet dengan mudah? 

  • Google Docs
  • Google Sheets
  • Google Slides
  • Google Forms

Soal 3

Brian memiliki project di kelas Sains. Di bawah ini, alat apa yang KURANG TEPAT untuk membuat project SAINS menjadi lebih dinamik? 

  • Membuat Google Drawings untuk menunjukkan diagram dan hubungan antar molekul tentang Sains.
  • Memasukkan video YouTube relevan dengan Sains di Google Docs sehingga siswa mendapat banyak sumber
  • Menggunakan Sheets untuk membuat grafik yang menarik tentang project Sains.
  • Membuat Situs Google berisi informasi, link, gambar, video Sains
  • Menggunakan fitur eksplor/telusuri dengan Google Docs untuk menemukan gambar dan sumber yang berhubungan dengan topik Sains.

Soal 4

Mr.Brentley akan meminta siswa membuat slide show untuk presentasi tugas akhir. Apa yang BUKAN keuntungan penggunaan Google Slides? 

  • Memasukkan video YouTube langsung ke Google Slides untuk membuat slide menajdi lebih menarik
  • Slide siswa memiliki standar template yang sama.
  • Menambahkan audio ke slides
  • Slides dapat diunduh di format yang berbeda
  • Siswa dapat memasukkan Google Calendar & Google Maps di halaman yang berbeda.

Soal 5

Ibu Garcia membagi kelasnya menjadi ke dalam grup yang berbeda. Setiap grup akan mempresentasikan materinya dengan Slides. Apa yang BUKAN merupakan keunggulan Google Slides dalam pengerjaan project? 

  • Siswa dapat mengimport YouTube video dan Google Drive
  • Siswa dapat mencari dan menyali slide dari sekolah lain
  • Siswa dapat memberikan komentar dan memberi feedback satu dengan yang lain
  • Siswa dapat berkolaborasi di slide pada slide yang sama.
  • Siswa dapat mengedit speaker's note (catatan pembicara) untuk mempersiapkan presentasi.

Soal 6

Mr. Jones telah menciptakan folder dalam Google Drive dan berbagi dengan kelompok guru sehingga mereka dapat berkolaborasi dengan mudah di dokumen bersama. Apa manfaat menggunakan Google Drive? 

  • File tidak dapat dikembalikan lagi dengan mudah jika sudah dihapus
  • File dapat dilihat pada perangkat mobile menggunakan aplikasi Drive
  • Jika file diganti namanya dalam folder bersama, semua orang akan kehilangan akses
  • Guru tidak bisa bekerja pada Google Dokumen pada saat yang sama.
  • Bila seorang baru guru ditambahkan ke folder mereka akan secara otomatis memiliki akses ke segala sesuatu dalam yang folder dengan yang sama.

Soal 7

Ny. Biru sedang mencoba untuk berbagi dokumen dengan Mr. Kuning, bagaimana bisa Ny. Biru memastikan bahwa Tn. Kuning diberitahu bahwa ia memiliki dokumen bersama dengan dia. 

  • Ny. Biru bisa menelepon Pak Kuning dan memberitahu bahwa dokumennya sudah siap.
  • Ny. Biru dapat mengirim faks ke Pak Kuning dan memberikan petunjuk tentang cara untuk melihat dokumennya
  • Ny. Biru dapat mengklik 'Beritahu orang' di fitur lanjutan berbagi.
  • Ny Biru bisa berteriak keras kepada Pak Kuning untuk menanyakan apakah dokumen sudah dibagikan.

Soal 8 

Apa fungsi dari Explore (Pelajari) di Google Docs? 

  • Siswa dapat membuat diagram dan alur diagram dalam Google Docs
  • Siswa dapat melakukan riset di Google Docs
  • Siswa dapat mengetik dengan suara
  • Guru dapat memberikan komentar langsung
  • Guru dapat mengecek hasil kerja siswa dan memberikan saran tanpa mengubah file yang asli

Soal 9 

Anda sudah menyiapkan dokumen untuk melatih guru berjudul "Tutorial & Panduan G Suite" yang anda ingin jadikan referensi. Apa setelan berbagi yang harus anda set?

  • Siapa saja yang memiliki link dapat melihat
  • Siapa saja yang memiliki link dapat mengedit
  • Siapa saja yang memiliki link dapat komentar
  • Hanya bisa diakses anda.

Soal 10 

Apa fungsi dari Suggested Edit di Google Docs? 

  • Siswa dapat membuat diagram dan alur diagram dalam Google Docs
  • Siswa dapat melakukan riset di Google Docs
  • Siswa dapat mengetik dengan suara
  • Guru dapat memberikan komentar langsung

Guru dapat mengecek hasil kerja siswa dan memberikan saran tanpa mengubah file yang asli

Soal 11 

Apa fungsi dari Voice Typing di Google Docs? 

  • Siswa dapat membuat diagram dan alur diagram dalam Google Docs
  • Siswa dapat melakukan riset di Google Docs
  • Siswa dapat mengetik dengan suara
  • Guru dapat memberikan komentar langsung
  • Guru dapat mengecek hasil kerja siswa dan memberikan saran tanpa mengubah file yang asli

Soal 12 

Apa fungsi dari Insert (Sisipkan)>Drawing di Google Docs? 

  • Siswa dapat membuat diagram dan alur diagram dalam Google Docs
  • Siswa dapat melakukan riset di Google Docs
  • Siswa dapat mengetik dengan suara
  • Guru dapat memberikan komentar langsung
  • Guru dapat mengecek hasil kerja siswa dan memberikan saran tanpa mengubah file yang asli

Soal 13

Mr.Pavlo adalah seorang guru Matematika yang ingin mengajarkan siswa bagaimana menggunakan Google Sheets. Apa fitur Mr.Pavlo yang perlu dibagikan ke siswa? 

  • Menggunakan fungsi =average untuk menghitung rata-rata
  • Menggunakan fitur Explore untuk menampilkan grafik
  • Memasukkan file audio agar siswa dapat memahami penggunaan Sheets
  • Menambahkan sheets mengelola dataset yang berbeda.
  • Memasukkan klip video ke sheets untuk membuat spreadsheet menjadi lebih menarik.

Soal 14

Anda ingin mencari 1 email penting dari orang tua murid anda. Fitur Gmail apa yang dapat anda gunakan untuk mencari email tersebut? 

  • Mencari pengirim emailnya.
  • Mencari kata kunci di email misalnya nama siswa.
  • Menghitung Word Count di email.
  • Mencari semua email yang sudah dikirim ke anda.
  • Mencari label yang sudah diterapkan di email (Contoh: Label orang tua)

Soal 15

Kepala sekolah anda membuat Google Group untuk membimbing komunikasi. Pilihan apa yang perlu dibuat untuk menambahkan guru ke grup? 

  • Langsung menambahkan dengan alamat email
  • Mengirim undangan email ke semua guru agar bergabung di grup
  • Memberitahu guru untuk bergabung Google Grup di Google Docs yang ada di hp
  • Membuat formulir untuk mendaftarakan guru-guru yang ingi diundang ke grup

Soal 16

Mr.Williamson ingin bertemu dengan kepala sekolahnya, Mrs. Washington. Mrs. Washington sangat sibuk dan alat apa yang dapat digunakan untuk menjadwalkan meetingnya? 

  • Memanggil Mrs. Washington dengan Hangout
  • Memberi tugas di Google Classroom agar Mrs. Washington menjadwalkan meeting
  • Menggunakan fitur "Temukan Waktu/Find a Time" di Google Calendar untuk menemukan waktu yang paling memungkinkan untuk bertemu dan menjadwalkan pertemuan..
  • Menghubungi Mrs Washington untuk menjadwalkan meeting.

Soal 17 

Setengah dari kelas Matematika Mr.Stein akan pergi field trip untuk 2 minggu. Perangkat Google apa yang TIDAK cocok untuk digunakan Mr. Stein untuk berkomunikasi dengan siswa?

  • Menjadwalkan video call dengan Google Meet.
  • Menggunakan Google Classroom untuk mengelola tugas sehingga mereka dapat langsung
  • Mengirimkan Surat lewat pos secara konsisten.
  • Membuat Grup Google dan membagikan pengumuman ke siswa.

Soal 18 

Fitur apa yang BUKAN merupakan fungsi langsung (native) dari Chrome Omnibox? 

  • Dapat menghitung 2+2
  • Mengetahui cuaca di Paris
  • Memberikan lelucon (joke)
  • Konversi dari 1 km ke mil

Soal 19 

Mrs. Stanley membuat video YouTube untuk pelajaran sejarah. Tetapi, 1 siswa menerima komentar yang tidak pantas di 1 video. Apa tindakan yang dapat diambil Mrs. Stanley? 

  • Mencari alamat IP dari pemberi komentar dan mengkonfrontasikan orang tersebut.
  • Mendokumentasikan dan melaporkan komentar tersebut ke administator.
  • Mengecek privasi video apakah video ini private atau unlisted.
  • Membalas dengan komentar yang lebih menyakitkan.

Soal 20 

Mr. Jordan memiliki masalah untuk melibatkan siswa. Bagaimana cara yang kurang tepat untuk melibatkan siswa? 

  • Menjadwalkan Hangout ke siswa di negara lain.
  • Menciptakan playlist video menarik di YouTube video dan membagikannya di kelas.
  • Membuat dan memilih cerita petualangan di Breakout Digital di Forms & Sites
  • Minta siswa ke perpustakaan dan membaca ensilokpedia
  • Menggunakan fitur tanya jawab slides Q+A untuk membuat presentasi interaktif

Soal 21

Administator sekolah anda ingin menerapkan kelas digital. Namun beliau ingin menerapkan Digital Citizenship ke kurikulum. Apa satu hal penting yang ingin diterapkan Digital Citizenship ke kurikulum ini? 

  • Siswa harus memiliki akun twitter.
  • Cara mendapatkan uang dengan YouTube
  • Siswa harus belajar menghargai satu dengan yang lain di dunia digital
  • Siswa harus dapat mengetik 75 kata per menit di akhir sistem

Soal 22

Seorang guru ingin mengajarkan Digital Citizenship. Apa hal yang perlu diajarkan ke siswa? 

  • Bagaimana perlu mendapatkan likes di Facebook dan Twitter.
  • Bagaimana membuat video yang viral
  • Bagaimana bersikap aman dan bertanggung jawab di internet

Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

1 comment for "Pretest Google Master Trainer"