Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Blended Learning di Masa Pandemi

sumber : Chaeruman dan Maudiarti (2018)
Salah satu metode pembelajaran yang sangat efektif dimasa pandemi covid-19 adalah dengan metode blended learning. Dengan menggunakan metode ini, artinya kita menggunakan dua pendekatan sekaligus dalam melaksanakan pembelajaran. Dalam artian, metode yang digunaakan adalah metode daring dan metode tatap muka melalui video converence
Dengan metode ini, kita dapat melaksanakan pembelajaran secara daring dengan memanfaatkan Google Classroom (GC) atau LMS yang lain seperti grup whatsapp, telegram atau facebook. Selanjutnya untuk metode tatap muka dengan menggunakan video converence dengan memanfaatkan Zoom, Google Meet, live Instagram maupun live Youtube
Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diterapkan dalam menggunakan metode pembelajaran blended learning dimasa pandemi dengan asumsi satu pertemuan 90 menit:
1. Pembukaan 
Pada tahap ini, guru bersama siswa memulai proses pembelajaran dengan menggunakan video converence Zoom. Guru membuka pembelajaran dengan berdoa bersama, mengucapkan salam dan melaksanakan presensi kehadiran siswa terlebih dahulu. Kemudian memberikan apersepsi terhadap materi yang akan dipelajari hari ini. Tahap ini berlangsung selama 10 menit.
2. Belajar Mandiri 
Melalui Google Classroom (GC), guru mengupload materi dan video pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan. Pada tahap ini siswa mempelajari materi melalui video yang telah diberikan oleh guru secara mandiri maupun berkelompok secara virtual bersama siswa yang lain sebagai anggota kelompok. Sebisa mungkin siswa harus memahami materi melalui video yang diberikan melalui GC. Tahap ini berlangsung selama 30 menit.
3. Penguatan Materi 
Tahap ini merupakan tahap yang paling penting. Setelah siswa melaksanakan belajar secara mandiri melalui tayangan video, guru akan memberikan penguatan materi terhadap hal-hal yang belum dipahami oleh siswa. Langkahnya guru dengan bantuan video converence Zoom menjelaskan materi yang belum dipahami oleh siswa. Ditahap ini terjadi komunikasi dua arah yang sangat baik antara guru dan siswa. Tahap ini berlangsung selama 30 menit.
4. Evaluasi 
Untuk evaluasi, disarankan menggunakan google form yang lebih mudah dan praktis dalam membuat soal evaluasi. Tahap ini berlangsung selama 20 menit.

Demikian tahapan dalam menggunakan metode pembelajaran blended learning, semoga dapat turut serta mencerdaskan bangsa dan membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. 
Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "Blended Learning di Masa Pandemi"