Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

10 Kunci Sukses Belajar Matematika

kunci sukses belajar matematika
Matematika itu sulit !! 
Saya tidak bisa !!
Saya tidak mau belajar Matematika !!
Tidak sedikit anak-anak jaman sekarang sangat susah jika diminta untuk belajar Matematika dengan berbagai alasan yang mereka utarakan. Disadari maupun tidak, hal ini sangat bertentangan dengan tujuan pembelajaran Matematika di sekolah mulai tingkat SD, SMP hingga SMA. Banyak yang beranggapan bahwa hanya anak pandai Matematika yang suka dan akan bisa mengerjakan soal Matematika.
Padahal, jika kalian suka dengan olahraga, seni, bahasa atau pelajaran lain juga bisa sukses dalam belajar Matematika, beberapa tips yang dapat kalian lakukan adalah:
1. Berlatih Matematika Secara Rutin Setiap Hari
Sisihkan waktu bermain/nongkrong kalian untuk mencoba berlatih soal-soal Matematika 15-30 menit setiap hari. Mulailah dengan mengerjakan soal-soal yang kalian anggap paling mudah terlebih dahulu baru menuju soal yang sulit. Hal ini akan membuat kalian lebih semangat dan penasaran untuk mengerjakan latihan yang lain.
2. Belajar dengan Teman Sebagai Pendamping
Jika kalian merasa kesulitan dalam belajar Matematika sendirian, mungkin kalian butuh teman yang kemampuan Matematika lebih baik. Hal ini dimaksudkan supaya kalian menemui permasalahan pada soal yang sulit akan mudah dalam bertanya dan meminta penjelasan.
3. Paham Bahwa Belajar Matematika Penting
Tahukah kalian bahwa pada saatnya nanti kalian akan masuk dalam bangku kuliah sangat membutuhkan ilmu Matematika. Pilihan jurusan apapun kalian di bangku kuliah akan selalu berhubungan dengan Matematika, bahkan ketika kalian sudah lulus kuliah jika bekerja di b idang profesional tentu tidak akan lepas dengan Matematika.
4. Jangan Pernah Absen Saat Pelajaran Matematika
Materi dalam Matematika saling terkait/ bersyarat. Jika kalian meninggalkan satu kali pertemuan saja pelajaran Matematika, jelas kalian tidak akan paham dengan materi sebelumnya yang kalian tinggalkan. Misalnya, pada saat guru menjelaskan materi perkalian dan pembagian tentunya sebelumnya telah menjelaskan tentang penjumlahan dan pengurangan. Jika pada saat penjelasan materi penjumlahan dan pengurangan kalian tidak hadir, jelas bahwa kalian tidak akan bisa mengikuti penjelasan tentang perkalian dan pembagian.
5. Kerjakan Selalu Tugas Sekolah
Hal ini menjadi faktor yang sangat penting saat kalian ingin sukses dalam belajar Matematika. Jika kalian selalu mengerjakan tugas yang diberikan oleh Guru, maka secara otomatis jika nanti ada tugas lain dari guru kalian akan termotivasi dan merasa bersemangat dalam mengerjakan tugas yang lain. Selain itu, kalian tidak akan terbebani dengan tugas yang menumpuk jika banyak ditunda. 
6. Sering Bertanya di Dalam Kelas
Jangan pernah malu untuk bertanya jika kalian tidak paham dengan penjelasan dari guru didalam kelas. Dengan banyak bertanya kalian akan lebih jelas dan paham dengan penjelasan yang diberikan oleh guru, otomatis kalian tidak akan merasa kesulitan lagi jika nantinya mengerjakan latihan soal yang diberikan.
7. Bertanya di Luar Kelas
Kalian pemalu? atau merasa takut di cap sebagai siswa yang bawel oleh teman-teman dikelas? maka kalian dapat bertanya kepada guru diluar kelas secara langsung kepada guru di ruang guru maupun di rumah jika memungkinkan. Selain bertanya kepada guru, kalian juga dapat bertanya diluar kelas kepada teman kalian yang lebih pandai.
8. Sedikit Bicara Banyak Kerja
Pada saat kalian didalam kelas dan guru menjelaskan materi, sebisa mungkin kalian harus mendengarkan penjelasan sampai selesai. Selain menghargai guru, efek yang dapat kalian dapatkan adalah dapat 100% paham dengan materi yang diberikan. Sebaliknya, jika guru memberikan latihan soal maupun tugas, harus dikerjakan secara maksimal dan beertanya jika ada hal yang masih kurang jelas.
9. Buatlah Catatan yang Rapi 
Tidak sedikit diantara para siswa dalam menulis catatan kurang rapih bahkan sulit untuk dibaca. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap semangat kalian untuk membaca kembali catatn yang diberikan oleh guru. Gunakan alat tulis yang baik, jika memungkinkan gunakan pensil warna untuk memberi tanda pada poin-poin penting pada catatan.
10. Ulangi Kembali Materi di Rumah
Proses mengulang materi pelajaran dirumah sangat berperan paling banyak untuk sukses dalam belajar Matematika. Kalian dapat mengulang materi setelah kalian beristirahat sehingga pikiran kalian lebih fresh dan lebih fokus. Waktu yang baik biasanya sekitar pukul 18.00 - 21.00 $(setelah sholat maghrib untuk yang beragama islam)$. 
Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "10 Kunci Sukses Belajar Matematika"