Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Soal dan Kunci Jawaban Bahan Belajar PPPK Pedagogi Modul 2 : Karakter Peserta Didik

pedagogi : karakter peserta didik
sumber : https://sim-gurubelajar.simpkb.id/

Sampai modul berapa sahabat ?? 

Kali ini, adm,in akan kembali berbagi tentang jawaban soal bahan belajar mandiri persiapan seleksi PPPK materi pedagogi : Karakter Peserta Didik.  Sama seperti modul sebelumnya tentang teori belajar, akan ada kuis review disetiap akhir modul. 

Soal 1 : Guru A ketika melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena pertimbangan:

A. Minat peserta didik

B. Gaya belajar peserta didik

C. Etnik peserta didik

D. Gender peserta didik

E. abad XX

Soal 2 : Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar. Tindakan guru tersebut berarti memperhatikan aspek?

A. Kultural

B. Kesulitan Belajar

C. Sosial

D. Motivasi

E. Status sosial 

Soal 3 : Peserta didik dalam suatu kelas gaya belajarnya beragam ada yang visual, auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu:

A. Menggunakan modul dan powerpoint.

B. Menggunakan media audio, video, dan percobaan.

C. Menggunakan media komik pembelajaran dan buku paket.

D. Menggunakan program audio dan modul.

E. Menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab.

Soal 4 : Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar. Tindakan guru tersebut berarti memperhatikan aspek:?

A. Sosial

B. Motivasi

C. Status sosial

D. Kultural

E. Etnik

Soal 5 : Pak Adit seorang guru SMP X, ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik peserta didik terutama:

A. Motivasi

B. Minat

C. Status social

D. Etnik

E. Kultural

Soal 6 : Pak Aris merupakan guru kelas V SD ketika memberikan pembelajaran menyanyi/musik, memilih lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya. Tindakan guru tersebut karena memperhatikan karakteristik peserta didik terutama: ?

A. Etnik

B. Gender

C. Minat

D. Kultural

E. Status social

Soal 7 : Pada suatu proses pembelajaran yang kebetulan hari itu bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, guru sebelumnya telah menghimbau kepada peserta didik untuk mengenakan busana daerah masing-masing. Tindakan guru tersebut memperhatikan karakteristik peserta didik, terutama aspek:?

A. Etnik

B. Minat

C. Status Sosial

D. Moral

E. Motivasi

Soal 8 : Perkembangan moral peserta didik/anak menurut Kohberg terdiri dari beberapa tahap. Tahap naively egoistic orientation, yaitu tahap dimana anak menilai baik-buruk berdasarkan:

A. Hati nurani

B. Kontrak/imbal jasa

C. Persetujuan orang lain

D. Ketertiban sosial

E. Akibat perbuatan

Soal 9 : Guru A ketika melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena pertimbangan:

A. Gayabelajarpesertadidik

B. Etnik peserta didik

C. Kultural peserta didik

D. Minat peserta didik

E. Gender peserta didik

Demikian soal dan jawaban Bahan Belajar PPPK Pedagogi Modul 2 : Karakter Peserta Didik yang dapat admin bagikan, semoga dapat memberikan manfaat. 

sumber : https://sim-gurubelajar.simpkb.id/

Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "Soal dan Kunci Jawaban Bahan Belajar PPPK Pedagogi Modul 2 : Karakter Peserta Didik"