Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

BOCORAN SOAL SELEKSI ASN PPPK MAPEL PPKN

seleksi asn pppk ppkn

Soal 1

Stereotip penduduk ash dengan pendatang misalkan, dimana penduduk ash lebih  diutamakan dan mempunyai kedudukan yang spesial dengan pendatang. Contoh, tragedi Sam pit antara penduduk ash suku Dayak dengan pendatang suku Madura. Seluruh penduduk ash di kota Sampit. Kahimantan Tengah dan bahkan mehuas sampai kesehuruh provinsi yang merasa tidak nyaman dengan keberadaan para pendatang dan suku Madura yang secara agresif berkembang untuk menguasai sektor industri komersih daerah kota sampit  kalteng. Hal mi mengakibatkan  kecemburuan sosiah dan ekonomi oheh  kahangan suku Dayak sehingga memicu perang antar suku.  Berdasarkan kasus di atas, Pendidikan  Pancasiha dan Kewarganegaraan daham pembehajarannya memberikan peran  edukasi untuk mencegah dampak negatif etnosentrisme ataupun isu SARA mehahui cara....

  • mendewasakan peserta didik untuk tidak mempermasalahkan adanya perbedaan
  • mengembangkan perilaku yang mengutamakan pentingnya  persamaan
  • menilai kebudayaan suku bangsa lain tidak lebih baik dan suku  bangsanya
  • menerapkan pendidikan  multikultural membina sikap  toleransi dan kebebasan
  • melatih peserta didik untuk bergaul dengan siapa saja tanpa ada  batasnya

Soal 2
Perhatikan materi-materi pembelajaran berikut :
1) Lembaga pemerintah
2) Identitas nasional
3) Prosedur melapor kepada kepolisian
4) Disiplin din
5) Peradilan yang bebas
6) Kemauan untuk mendengar
Berdasarkan materi pembelajaran di atas, civic disposition / watak kewarganegaraan ditunjukkan pada angka....
  • 4) dan 5)
  • 4) dan 6)
  • 1) dan2)
  • 3) dan4)
  • 2) dan3)

Soal 3
Perhatikan soal di bawah mi. Berikan contoh kegiatan yang bisa dilakukan peserta didik dalam mewujudkan sikap bela negara! Contoh soal tersebut berada pada level kognitif...
  • evaluasi
  • Kreasi
  • aplikasi
  • pengetahuan
  • penalaran

Soal 4
Perhatikan pernyataan berikut ini!
Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran dasar di sekolah yang dirancang untuk mempersiapkan warga negara muda agar kelak setelah dewasa dapat berperan aktif dalam masyarakatnya.
Berdasarkan pernyataan di atas, istilah yang tepat untuk menggambarkan pendidikan kewarganegaraan yaitu...
  • Young Citizens
  • School Designed
  • Civics Education
  • Education for Citizenship
  • Citizenship Education

Soal 5
Pada KD “Menganalisis hubungan antarsudut sebagai akibat dan dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal”, materi dan tingkat kognitif pada kompetensi dasar tersebut adalah ...
  • hubungan antarsudut dengan tingkat kognitif C4
  • hubungan antarsudut dengan tingkat kognitif C3
  • hubungan dua garis sejajar dengan tingkat kognitif C4 sudut-sudut dan dua garis sejajar
  • dengan tingkat kognitif C4
  • hubungan dua garis sejajar dengan tingkat kognitif C3

Soal 6
Berikut pernyataan yang menunjukkan alasan Pancasila telah memenuhi syarat sebagai ideologi terbuka yaitu terkandung nilai-nilai....
  • praksis bersifat tetap dalam menghadapi berbagai permasalahan
  • fleksibel dan mendorong ideologi baru sesuai zamannya
  • bersifat tetap dalam menghadapi perubahan zaman
  • nilai bersumber dan budaya dan pengalaman sejarah bangsa
  • dasar yang berubah-ubah sesuai situasi dan kondisi

Soal 7

Perhatikan ilustrasi berikut !

Peserta didik mempelajari keberagaman suku bangsa, ras, dan agama yang ada di lingkungannya. Belajar menghormati dan menghargai perbedaan-perbedaan dalam   berinteraksi dengan lingkungannya untuk membangun budaya dan keadaban kewarganegaraan.

Berdasarkan ilustrasi di atas, pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dilaksanakan dalam domain...

  • kurikuler
  • praksis
  • akademi
  • sosiokultural
  • konseptual 

Soal 8

Perhatikan data berikut ini !

Sidang PPKI:
1. membahas  pasal-pasal konstitusi yang harus disempurnakan dengan cukup alot
2. membahas penyempurnaan konstitusi dengan cara musyawarah
3. menyusun kelengkapan konstitusi dan usulan anggota panitia kecil
4. menyempurnakan I berdasarkan usulan setia peserta siding konstitusberdasarkan usulan  sidang
5. mengalami perbedaan pendapat dan usulan wilayah Indonesia Timur

Berdasarkan data di atas, proses perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai implementasi nilai-nilai demokrasi dalam menyusun landasan konstitusional kehidupan berbangsa dan bernegara ditunjukkan pada angka....

  • 2) dan 3)
  • 4) dan 5)
  • 1) dan 2)
  • 2) dan 4)
  • 3) dan 4)

Soal 9
Kegiatan pembelajaran mengelompokkan tumbuhan sesuai dengan cara berkembangbiaknya, merupakan bagian dan proses berpikir dan dimensi pengetahuan
  • procedural  — menerapkan
  • faktual        — mengingat
  • konseptual — memahami
  • konseptual - menganalisis
  • prosedural — menganalisis

Soal 10
Perhatikan pernyataan berikut !
Pendidikan global bertujuan untuk membantu peserta didik memahami  konsep-konsep global dan isu-isu  kewarganegaraan dan mengarahkan pula kepada tindakan sebagai warga negara dalam upaya mengantisipasi pengaruh yang ditimbulkan isu-isu global tersebut.  Makna dan pernyataan tersebut tentang peran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam membangun  warga negara global dengan cara  membelajarkan peserta didik....
  • fakta, konsep-konsep dan dalil-dalil wawasan global
  • kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan berwawasan  global
  • materi pembelajaran yang  berwawasan global
  • keterampilan berinteraksi dan  berkomunikasi antarbangsa
  • sikap dan upaya menghadapi  masalah-masalah global

Soal 11
Teori belajar yang mengutamakan perubahan tingkah laku pada individu yang belajar dengan mengutamakan hubungan stimulus dan respon merupakan teori belajar....
  • kognitivistik
  • konstruktivistik
  • humanistik
  • behavioristik
  • konstruktivistik

Soal 12
Perhatikan pernyataan berikut mi!
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan program pendidikan yang berfokus pada pembentukan kepribadian yang berasaskan nilai-nilai Pancasila.

Pernyataan yang tepat daru tradisi  citizenship transmision yang bertujuan agar peserta didik mempelajari meyakini konsep kewarganegaraan ayang di ajarkan guru dalam Pendidikan Kewarganegaraan yakni...
  • value civic
  • value transmision
  • value competition
  • value creation
  • value inculcation

Soal 13
Substansi Pendidikan Pancasila dan  Kewarganegaraan bersumber Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 karena Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia merupakan...
  • dasar negara
  • dasar hukum
  • spirit negara
  • hukum dasar
  • konvensi negara

Soal 14

Dalam konteks region ASEAN, isu  kewarganegaraan berfokus mencakup  bidang ideologi, politik, hukum, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan keamanan dan agama yang juga merupakan bagian dan isu global. Persoalan radikalisme dan ekstrimisme merupakan isu sentral dalam konteks hubungan regional ASEAN. Isu  radikalisme misalnya, yang terjadi pada  kasus Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di Irak Suriah diyakini mampu  membangkitkan dan menginspirasi makar maupun aksi teror di regional Asia Tenggara.

Berdasarkan pernyataan di atas, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam pembelajarannya memberikan peran  edukasi untuk mencegah dampak negatif radikalisme dan terorisme sebagai isu  kewarganegaraan dalam konteks regional ASEAN melalui cara....

  • menerapkan pembelajaran berdasarkan prinsip humanisme yang tidak mempermasalahkan perbedaan
  • melatih kecakapan  kewarganegaraan yang  mempraktikkan sikap    kewarganegaraan global
  • menerapkan nilai-nilai kemanusiaan dan persaudaraan sebagai upaya meminimalisir sikap radikal dalam tindakan
  • mengembangkan pembelajaran bersendikan hak asasi man usia dalam konteks kewargaan smart and good
  • mengembangkan pendidikan  multikultural yang menghormati keberagaman dalam konteks  kewarganegaraan

Soal 15
Bu Emma memiliki kepedulian terhadap pengembangan potensi  Pada saat menemukan peserta didik yang prestasinya lebih rendah dan tingkat kecerdasannya (underachievers). Salah satu upaya terbaik yang perlu dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajarnya adalah....
  • memberikan penjelasan manfaat  materi yang dipelajari di awal  pembelajaran
  • memberikan tugas berupa latihan soal dan membuat rangkuman                                                     
  • meningkatkan minat dan motivasi  belajar serta melatih keterampilan  belajar
  • meminta orang tua peserta didik agar memperhatikan anaknya
  • disarankan untuk berkonsultasi kepada konselor Pendidikan

Soal 16
Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan proses pembelajaran  Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang mendorong partisipasi aktif peserta didik yaitu....
  • menyusun materi pembelajaran
  • mengorganisasi rencana belajar
  • meremedial hasil belajar
  • memilih metode mengajar
  • mengelola penilaian pembelajaran

Soal 17
Cermati cuplikan berita berikut !
Hasil pengamatan PBB setidaknya pada tahun 2018 ada lima isu yang krusial di dunia dan isu-isu tersebut include dan berkorelasi dengan kajian kewarganegaraan atau Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, yaitu krisis kemanusiaan di Myamar, pertempuran di Suriah, konflik Israel dan Palestina, perseteruan Iran dan Amerika Serikat yang menyeret skup regional kelompok garis keras ISIS, dan isu senjata nuklir dan rudal negara Korea Utara.
sumber: https://www.Iiputan6.com/global/read/3650933/5-isu-krusial-yang- akan-dibahas-dalam-sidang majelis-umu mp bb-2018

Berdasarkan cuplikan berita di atas, isu sentral kewarganegaraan dalam konteks global dan berdampak secara signifikan pada negara Indonesia adalah....
  • agresi militer
  • terorisme
  • etnosentrisme
  • sparatisme
  • marjinalisme

Soal 18
Cermati wacana berikut ini !
Kecenderungan global pada saat mi meliputi masalah-masalah: ekologi, luasnya kemiskinan, tindak kekerasan komunal, obat terlarang, pertumbuhan penduduk, pengungsi, perdagangan dan hutang. Masalah-masalah tersebut merupakan masalah kritis yang dihadapi dalam kehidupan global dewasa mi
Sumber: Ilmu Kewarganegaraan, Wuryan & Syaefullah, 2008:161.
Berdasarkan wacana di atas, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam upaya membekali peserta didik agar memiliki kompetensi sebagai warga negara global yakni dengan cara....
  • keterlibatan aktifmtas dalam  organisasi-organisasi  kemasya ra katan
  • pengetahuantentangkonsep,  prmnsip dan prosedur  kewarganegaraan global
  • keterampilan untuk dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman 
  • kesadaran global dan berfikir kritis dalam menanggapi isu-isu global

Soal 19
Unsur-unsur komunikasi berdasarkan definisi dan model komunikasi, dalam konteks belajar mengajar guru dan siswa berperan sebagai komunikator sehingga terjadi komunikasi dua arah, adalah....
  • saluran dan media
  • penyadian ulang atau decoding
  • penyandian atau encoding
  • pengirim atau komunikator
  • pesan atau message

Soal 20
Target kompetensi dasar “Men guraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalul teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi Iingkungan” adalah ...
  • menjelaskan kosa kata dalam bahasa Indonesia melalui teks lisan
  • menganalisis kosa kata dalam bahasa Indonesia melalui visual
  • memisahkan kosa kata tentang bendab end a di Iingkungan sekitar peserta didik
  • menyimpulkan kosa kata dalam bahasa Indonesia melalui eksplorasi  Iingkungan
  • mengidentifikasi kosa kata dalam bahasa Indonesia melalui teks tulis

Soal 21
Tindakan atau kecenderungan untuk  mengenali masalah-masalah  kemasyarakatan baik di tingkat lokal, nasional, regional maupun global  merupakan makna dan keterlibatan dalam kewargaan global. Penguatan nilai  keterlibatan dalam kewargaan global dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui cara....
  • berlatih berpendapat
  • berlatih berorganisasi
  • berlatih berpidato
  • berlatih bernegosiasi
  • berlatih berkomunikasi

Soal 22
1) Asas berdirinya Indonesia
2) Landasan konstitusional  penyelenggaraan negara
3) Petunjuk berisi nilai kebaikan dan  kebenaran
4) Pedoman bangsa Indonesia dalam kehidupan
5) Gagasan dasar yang membentuk suatu sistem nilai
Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara ditunjukkan pada angka...
  • 1) dan2)
  • 2) dan3)
  • 3) dan4)
  • 1) dan3)
  • 4) dan 5)

Soal 23
Perhatikan cuplikan berita !
Pemerintah secara resmi telah membubarkan organisasi massa Front  Pembela Islam (FPI) dan melarang setiap  kegiatan yang dilakukan atas nama FPI.  Keputusan mi disampaikan pemerintah  setelah rapat bersama yang dilakukan di  Kantor Kementerian Politik, Hukum, dan  Keamanan. Ada pun penghentian keg iatan dan pembubaran ormas FPI mi dilakukan  berdasarkan Surat Keputusan Bersama yang ditandatangani enam menteri/lembaga Nomor 220/4780 Tahun 2020, Nomor  M.HH/14.HHO5.05 Tahun 2020, Nomor 690  Tahun 2020, Nomor 264 Tahun 2020, Nomor  KB/3/Xll Tahun 2020, dan Nomor 320 Tahun  2020 tentang Larangan Kegiatan  Penggunaan Simbol dan Atribut Serta  Penghentian Kegiatan FPI. 
Sumber: Kompas.com dengan judul “Isi  Lengkap SKB tentang Pembubaran dan  Pelarangan Kegiatan FPI...”,https://nasional.kompas.com/read/2020/1 2/3 lengkap-skb-tentang-pem

Berdasarkan cuplikan berita di atas, guru menggunakan pendekatan field psychology yang mengkombinasikan antara inkuiri  dengan ekspositori dengan cara  menyampaikan materi...
  • secara nyata berdasarkan sajian  konflik kewarganegaraan yang  sedang terjadi
  • secara nil sesuai perubahan nilai  dan sikap sosial yang terjadi pada fenomena  sosial
  • secara inkuiri berdasarkan fakta  sesuai fenomena kewarganegaraan  yang aktual
  • secara pedagogis psiko-sosial  berdasarkan fenomena  kewarganegaraan
  • secara keilmuan berdasarkan  proses pelibatan dalam diskusi yang argumentatif

Soal 24
Peserta didik berkembang karakternya secara perlahan sebagai akibat/dampak dan apa yang telah dipelajari dan dialami baik di antaranya melalui sekolah.
Berdasarkan ilustrasi di atas, prinsip pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dilaksanakan dalam domain...

  • konseptual
  • akademis
  • praksis
  • sosiokultural  
  • kurikuler

Soal 25
Peserta didik dilatih untuk melaksanakan dan menegakkan peraturan sekolah, seperti kedisiplinan, ketertiban, kerapian, termasuk dalam ketepatan waktu pengerjaan tugast ug as sekolah. Hal tersebut merupakan peranan strategis Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam mengimplementasikan...
  • pendidikan politik
  • pendidikan demokrasi
  • pendidikan hukum
  • pendidikan moral
  • pendidikan bela negara

Soal 26

Tanggung jawab sosial merupakan dan tingkat kesadaran, ketergantungan dan kepedulian kepada orang lain, masyarakat lingkungannya. lmplementasinya pembelajaran Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan dalam bentuk.

  1. mengkaji masalah-masalah sosial
  2. memecahkan masalah-masalah sosial
  3. mengumpulkan data konflik sosial
  4. mendiskusikan etika berkomunikasi
  5. mempresentasikan dengan teknologi

Berdasarkan pernyataan di atas, penguatan nilai tanggung jawab sosial dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ditunjukkan pada angka...

  • 1) dan2)
  • 2) dan4)
  • 1) dan3)
  • 2) dan3) 
  • 4) dan 5)

Soal 27

Peraturan perundang-undangan nasional ini berada satu tingkat dibawah peraturan pemerintah dan berada satu tingkat di atas peraturan daerah propinsi. Peraturan yang dimaksud adalah….

  • UUD NRI Tahun 1945
  • PERATURAN PRESIDEN
  • Undang-Undang
  • Pengadilan agama
  • Pengadilan tata usaha negara

Soal 28
Pada Kurikulum 2013 Standar Isi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Tingkat Menengah Pertama dan Atas secara pedagogis banyak berorientasi pada persoalan-persoalan kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan yang disebut dengan istilah isu/persoalan kewarganegaraan. Alasannya antara lain: Berdasarkan ilustrasi di atas, pentingnya mempelajari isu kewarganegaraan dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ditunjukkan pada angka...
  • 2)dan3)
  • 1)dan2)
  • 3)dan4)
  • 4)dan5)
  • 1)dan3)

Soal 29
Ketentuan Pasal 27 sampai 34 Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 secara material mengatur  tentang kewarganegaraan Indonesia  tentang....
  • cara memperoleh kewarganegaraan Indonesia
  • siapa saja yang menjadi warga negara Indonesia
  • status dan kedudukan warga negara Indonesia
  • hak dan kewajiban warga negara Indonesia
  • pewarganegaraan Indonesia secara yuridis hukum

Soal 30
Aktualisasi Pendidikan Pancasila dan  Kewarganegaraan untuk sadar dan  memahami Undang-Undang Dasar Negara  Republik Indonesia Tahun 1945 berupa....
  • kesadaran bernegara
  • kesadaran warga negara
  • kesadaran berpolitik
  • kesadaran berkonstitusi      
  • kesadaran berdemokrasi

Soal 31
Secara tersirat seorang guru/pendidik mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan  Kewarganegaraan berdasarkan konsep  pendidikan Ki Hadjar Dewantara  menerapkan nilai-nilai dengan memberi keteladanan (ing ngarso sung tulodo).  Konsep tersebut merupakan implementasi dan kompetensi yang harus dimiliki oleh  seorang guru/pendidik, yaitu...
  • kompetensi sosiokultural
  • kompetensi sosial
  • kompetensi profesional
  • kompetensi pedagogis
  • kompetensi kepribadian

Soal 31

Komunikasi adalah proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. Berdasarkan pengertian di atas, yang tidak termasuk dalam komponen komunikasi adalah ....

  • komunikan
  • komunikator
  • lnformasi
  • saluran 
  • pesan

Soal 32
Sebagai Guru Kelas V SD, Pak Aris  memberikan pembelajaran menyanyi/music dengan memilih lagu-lagu dan asal daerah peserta didiknya. Tindakan Pak Arif tersebut karena memperhatikan karakteristik peserta didik terutama dalam bidang....
  • gender
  • etnik
  • status sosial
  • minat
  • kultural

Soal 33
Peraturan perundang-undangan nasional mi berada satu tingkat di bawah peraturan  pemerintah dan berada satu tingkat di atas peraturan daerah provinsi. Peraturan yang dimaksud adalah....
  • Peraturan Daerah
  • Undang-Undang
  • UUD NRI Tahun 1945
  • Ketetapan MPR
  • Peraturan Presiden

Soal 34

Teori yang menyatakan bahwa seluruh komponen pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu terbentuknya manusia yang ideal, manusia yang dicita-citakan, yaitu manusia yang mampu mencapai aktualisasi din merupakan teori ....

  • behavioristik
  • konstruktivistik 
  • sibernetik
  • humanistik
  • kognitivistik

Soal 35
Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran adalah....
  • membimbing peserta didik dalam  memperoleh pengetahuan baru agar dapat menambah kemampuan peserta didik
  • memberikan penjelasan tentang  pengetahuan baru dengan berbagai metode dan strategi belajar yang  menarik
  • memahami tahap perkembangan  peserta didik dan menggunakan  metode pembelajaran sesuai dengan tahap tersebut
  • memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan Iingkungan belajar
  • memberikan kegiatan yang  merangsang keingintahuan peserta didik dan membantu mereka mengekspresikan gagasannya 

Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "BOCORAN SOAL SELEKSI ASN PPPK MAPEL PPKN"