BOCORAN SOAL SELEKSI ASN PPPK MAPEL PPKN
Soal 1
Stereotip penduduk ash dengan pendatang misalkan, dimana penduduk ash lebih diutamakan dan mempunyai kedudukan yang spesial dengan pendatang. Contoh, tragedi Sam pit antara penduduk ash suku Dayak dengan pendatang suku Madura. Seluruh penduduk ash di kota Sampit. Kahimantan Tengah dan bahkan mehuas sampai kesehuruh provinsi yang merasa tidak nyaman dengan keberadaan para pendatang dan suku Madura yang secara agresif berkembang untuk menguasai sektor industri komersih daerah kota sampit kalteng. Hal mi mengakibatkan kecemburuan sosiah dan ekonomi oheh kahangan suku Dayak sehingga memicu perang antar suku. Berdasarkan kasus di atas, Pendidikan Pancasiha dan Kewarganegaraan daham pembehajarannya memberikan peran edukasi untuk mencegah dampak negatif etnosentrisme ataupun isu SARA mehahui cara....
- mendewasakan peserta didik untuk tidak mempermasalahkan adanya perbedaan
- mengembangkan perilaku yang mengutamakan pentingnya persamaan
- menilai kebudayaan suku bangsa lain tidak lebih baik dan suku bangsanya
- menerapkan pendidikan multikultural membina sikap toleransi dan kebebasan
- melatih peserta didik untuk bergaul dengan siapa saja tanpa ada batasnya
- 4) dan 5)
- 4) dan 6)
- 1) dan2)
- 3) dan4)
- 2) dan3)
- evaluasi
- Kreasi
- aplikasi
- pengetahuan
- penalaran
- Young Citizens
- School Designed
- Civics Education
- Education for Citizenship
- Citizenship Education
- hubungan antarsudut dengan tingkat kognitif C4
- hubungan antarsudut dengan tingkat kognitif C3
- hubungan dua garis sejajar dengan tingkat kognitif C4 sudut-sudut dan dua garis sejajar
- dengan tingkat kognitif C4
- hubungan dua garis sejajar dengan tingkat kognitif C3
- praksis bersifat tetap dalam menghadapi berbagai permasalahan
- fleksibel dan mendorong ideologi baru sesuai zamannya
- bersifat tetap dalam menghadapi perubahan zaman
- nilai bersumber dan budaya dan pengalaman sejarah bangsa
- dasar yang berubah-ubah sesuai situasi dan kondisi
Soal 7
Perhatikan ilustrasi berikut !
Peserta didik mempelajari keberagaman suku bangsa, ras, dan
agama yang ada di lingkungannya. Belajar menghormati dan menghargai perbedaan-perbedaan
dalam berinteraksi dengan lingkungannya
untuk membangun budaya dan keadaban kewarganegaraan.
Berdasarkan ilustrasi di atas, pembelajaran Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan dilaksanakan dalam domain...
- kurikuler
- praksis
- akademi
- sosiokultural
- konseptual
Soal 8
Perhatikan data berikut ini !
Berdasarkan data di atas, proses perumusan dan pengesahan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai implementasi
nilai-nilai demokrasi dalam menyusun landasan konstitusional kehidupan
berbangsa dan bernegara ditunjukkan pada angka....
- 2) dan 3)
- 4) dan 5)
- 1) dan 2)
- 2) dan 4)
- 3) dan 4)
- procedural — menerapkan
- faktual — mengingat
- konseptual — memahami
- konseptual - menganalisis
- prosedural — menganalisis
- fakta, konsep-konsep dan dalil-dalil wawasan global
- kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan berwawasan global
- materi pembelajaran yang berwawasan global
- keterampilan berinteraksi dan berkomunikasi antarbangsa
- sikap dan upaya menghadapi masalah-masalah global
- kognitivistik
- konstruktivistik
- humanistik
- behavioristik
- konstruktivistik
- value civic
- value transmision
- value competition
- value creation
- value inculcation
- dasar negara
- dasar hukum
- spirit negara
- hukum dasar
- konvensi negara
Soal 14
Dalam konteks region ASEAN, isu kewarganegaraan berfokus mencakup bidang ideologi, politik, hukum, ekonomi,
sosial, budaya, pertahanan keamanan dan agama yang juga merupakan bagian dan
isu global. Persoalan radikalisme dan ekstrimisme merupakan isu sentral dalam
konteks hubungan regional ASEAN. Isu
radikalisme misalnya, yang terjadi pada
kasus Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di Irak Suriah diyakini
mampu membangkitkan dan menginspirasi
makar maupun aksi teror di regional Asia Tenggara.
Berdasarkan pernyataan di atas, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam pembelajarannya memberikan peran edukasi untuk mencegah dampak negatif radikalisme dan terorisme sebagai isu kewarganegaraan dalam konteks regional ASEAN melalui cara....
- menerapkan pembelajaran berdasarkan prinsip humanisme yang tidak mempermasalahkan perbedaan
- melatih kecakapan kewarganegaraan yang mempraktikkan sikap kewarganegaraan global
- menerapkan nilai-nilai kemanusiaan dan persaudaraan sebagai upaya meminimalisir sikap radikal dalam tindakan
- mengembangkan pembelajaran bersendikan hak asasi man usia dalam konteks kewargaan smart and good
- mengembangkan pendidikan multikultural yang menghormati keberagaman dalam konteks kewarganegaraan
- memberikan penjelasan manfaat materi yang dipelajari di awal pembelajaran
- memberikan tugas berupa latihan soal dan membuat rangkuman
- meningkatkan minat dan motivasi belajar serta melatih keterampilan belajar
- meminta orang tua peserta didik agar memperhatikan anaknya
- disarankan untuk berkonsultasi kepada konselor Pendidikan
- menyusun materi pembelajaran
- mengorganisasi rencana belajar
- meremedial hasil belajar
- memilih metode mengajar
- mengelola penilaian pembelajaran
Hasil pengamatan PBB setidaknya pada tahun 2018 ada lima isu yang krusial di dunia dan isu-isu tersebut include dan berkorelasi dengan kajian kewarganegaraan atau Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, yaitu krisis kemanusiaan di Myamar, pertempuran di Suriah, konflik Israel dan Palestina, perseteruan Iran dan Amerika Serikat yang menyeret skup regional kelompok garis keras ISIS, dan isu senjata nuklir dan rudal negara Korea Utara.
sumber: https://www.Iiputan6.com/global/read/3650933/5-isu-krusial-yang- akan-dibahas-dalam-sidang majelis-umu mp bb-2018
- agresi militer
- terorisme
- etnosentrisme
- sparatisme
- marjinalisme
Kecenderungan global pada saat mi meliputi masalah-masalah: ekologi, luasnya kemiskinan, tindak kekerasan komunal, obat terlarang, pertumbuhan penduduk, pengungsi, perdagangan dan hutang. Masalah-masalah tersebut merupakan masalah kritis yang dihadapi dalam kehidupan global dewasa mi
Sumber: Ilmu Kewarganegaraan, Wuryan & Syaefullah, 2008:161.
- keterlibatan aktifmtas dalam organisasi-organisasi kemasya ra katan
- pengetahuantentangkonsep, prmnsip dan prosedur kewarganegaraan global
- keterampilan untuk dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman
- kesadaran global dan berfikir kritis dalam menanggapi isu-isu global
- saluran dan media
- penyadian ulang atau decoding
- penyandian atau encoding
- pengirim atau komunikator
- pesan atau message
- menjelaskan kosa kata dalam bahasa Indonesia melalui teks lisan
- menganalisis kosa kata dalam bahasa Indonesia melalui visual
- memisahkan kosa kata tentang bendab end a di Iingkungan sekitar peserta didik
- menyimpulkan kosa kata dalam bahasa Indonesia melalui eksplorasi Iingkungan
- mengidentifikasi kosa kata dalam bahasa Indonesia melalui teks tulis
- berlatih berpendapat
- berlatih berorganisasi
- berlatih berpidato
- berlatih bernegosiasi
- berlatih berkomunikasi
- 1) dan2)
- 2) dan3)
- 3) dan4)
- 1) dan3)
- 4) dan 5)
Pemerintah secara resmi telah membubarkan organisasi massa Front Pembela Islam (FPI) dan melarang setiap kegiatan yang dilakukan atas nama FPI. Keputusan mi disampaikan pemerintah setelah rapat bersama yang dilakukan di Kantor Kementerian Politik, Hukum, dan Keamanan. Ada pun penghentian keg iatan dan pembubaran ormas FPI mi dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Bersama yang ditandatangani enam menteri/lembaga Nomor 220/4780 Tahun 2020, Nomor M.HH/14.HHO5.05 Tahun 2020, Nomor 690 Tahun 2020, Nomor 264 Tahun 2020, Nomor KB/3/Xll Tahun 2020, dan Nomor 320 Tahun 2020 tentang Larangan Kegiatan Penggunaan Simbol dan Atribut Serta Penghentian Kegiatan FPI.Sumber: Kompas.com dengan judul “Isi Lengkap SKB tentang Pembubaran dan Pelarangan Kegiatan FPI...”,https://nasional.kompas.com/read/2020/1 2/3 lengkap-skb-tentang-pem
- secara nyata berdasarkan sajian konflik kewarganegaraan yang sedang terjadi
- secara nil sesuai perubahan nilai dan sikap sosial yang terjadi pada fenomena sosial
- secara inkuiri berdasarkan fakta sesuai fenomena kewarganegaraan yang aktual
- secara pedagogis psiko-sosial berdasarkan fenomena kewarganegaraan
- secara keilmuan berdasarkan proses pelibatan dalam diskusi yang argumentatif
- konseptual
- akademis
- praksis
- sosiokultural
- kurikuler
- pendidikan politik
- pendidikan demokrasi
- pendidikan hukum
- pendidikan moral
- pendidikan bela negara
Soal 26
Tanggung jawab sosial merupakan dan tingkat kesadaran, ketergantungan dan kepedulian kepada orang lain, masyarakat lingkungannya. lmplementasinya pembelajaran Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan dalam bentuk.
- mengkaji masalah-masalah sosial
- memecahkan masalah-masalah sosial
- mengumpulkan data konflik sosial
- mendiskusikan etika berkomunikasi
- mempresentasikan dengan teknologi
Berdasarkan pernyataan di atas, penguatan nilai tanggung
jawab sosial dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
ditunjukkan pada angka...
- 1) dan2)
- 2) dan4)
- 1) dan3)
- 2) dan3)
- 4) dan 5)
Soal 27
Peraturan perundang-undangan nasional ini berada satu tingkat dibawah peraturan pemerintah dan berada satu tingkat di atas peraturan daerah propinsi. Peraturan yang dimaksud adalah….
- UUD NRI Tahun 1945
- PERATURAN PRESIDEN
- Undang-Undang
- Pengadilan agama
- Pengadilan tata usaha negara
- 2)dan3)
- 1)dan2)
- 3)dan4)
- 4)dan5)
- 1)dan3)
- cara memperoleh kewarganegaraan Indonesia
- siapa saja yang menjadi warga negara Indonesia
- status dan kedudukan warga negara Indonesia
- hak dan kewajiban warga negara Indonesia
- pewarganegaraan Indonesia secara yuridis hukum
- kesadaran bernegara
- kesadaran warga negara
- kesadaran berpolitik
- kesadaran berkonstitusi
- kesadaran berdemokrasi
- kompetensi sosiokultural
- kompetensi sosial
- kompetensi profesional
- kompetensi pedagogis
- kompetensi kepribadian
Soal 31
Komunikasi adalah proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. Berdasarkan pengertian di atas, yang tidak termasuk dalam komponen komunikasi adalah ....
- komunikan
- komunikator
- lnformasi
- saluran
- pesan
- gender
- etnik
- status sosial
- minat
- kultural
- Peraturan Daerah
- Undang-Undang
- UUD NRI Tahun 1945
- Ketetapan MPR
- Peraturan Presiden
Soal 34
Teori yang menyatakan bahwa seluruh komponen pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu terbentuknya manusia yang ideal, manusia yang dicita-citakan, yaitu manusia yang mampu mencapai aktualisasi din merupakan teori ....
- behavioristik
- konstruktivistik
- sibernetik
- humanistik
- kognitivistik
- membimbing peserta didik dalam memperoleh pengetahuan baru agar dapat menambah kemampuan peserta didik
- memberikan penjelasan tentang pengetahuan baru dengan berbagai metode dan strategi belajar yang menarik
- memahami tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tahap tersebut
- memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan Iingkungan belajar
- memberikan kegiatan yang merangsang keingintahuan peserta didik dan membantu mereka mengekspresikan gagasannya
Post a Comment for "BOCORAN SOAL SELEKSI ASN PPPK MAPEL PPKN"