Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

TUTORIAL MEMBUAT RANGKING (PERINGKAT) DI EXCEL

Jika teman-teman masih berada di bangku sekolah baik tingkat SD, SMP maupun SMA mungkin untuk berbagai keperluan pasti membutuhkan rangking/peringkat kelas. Sebagai contohnya jika kalian mau ikut seleksi masuk ke tingkat berikutnya biasanya rangking dapat membantu menambah poin selain piagam penghargaan lomba.

Apalagi jika kalian sekarang posisi sedang duduk di bangku SMA/SMK yang mau mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pasti rangking akan sangat kalian butuhkan. Naah, tahukah teman-teman bagaimana cara membuat rangking dengan menggunakan Excell. Silakan simak dengan baik langkah-langkahnya. 

  • Buka Ms. Excell
  • Jika teman-teman sudah mempunyai data nilai satu kelas, bisa langsung di buka

membuat rangking kelas

  • Kemudian teman-teman tambahkan kolom “rata-rata” dan “rangking” di sebelah kanan
  • Jika sudah akan muncul seperti berikut

membuat peringkat kelas

Rumus untuk rata-rata : =AVERAGE(C7:H7)

C7 menyatakan kolom awal yang akan di hitung rata-ratanya, H7 adalah kolom terakhir yang akan di hitung rata-ratanya. Lanjutkan rumus tersebut sampai baris terakhir (baris 10), bisa juga secara otomatis dengan menarik tanda + di pojok kanan.

Rumus untuk rangking : =RANK(I7;$I$7:$I$16)

I7 menyatakan kolom awal yang akan di tentukan rangkingnya, I16 adalah kolom terakhir yang akan ditentukan rangkingnya (baris 10), bisa juga secara otomatis dengan menarik tanda + di pojok kanan.

  • Selesai

Bagaimana teman-teman sudah bisa membuat rangking kelas sendiri?? Sangat mudah bukan? Sekian tutorial yang dapat admin bagikan, semoga dapat bermanfaat bagi semua. 

Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "TUTORIAL MEMBUAT RANGKING (PERINGKAT) DI EXCEL"