Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Best Practice Guru Belajar Masa Pandemi

Maret 2020 adalah awal dari proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang kami laksanakan. Banyak sekali kendala yang kami hadapi pada saat itu, mulai dari keterbatan akses internet, kuota yang menipis dan permasalahan yang timbul dari peserta didik. Pada awal pelaksanaan proses pembelajaran secara daring (dalam jaringan), beberapa peserta didik kami belum paham dengan bagaimana cara melakukan pembelajaran daring, tidak paham dengan mengoprasikan aplikasi daring yang kami berikan sampai dengan ketiduran saat proses pembelajaran daring berlangsung. 

Kami berupaya melakukan pendekatan secara daring dengan peserta didik kami melalui grup whatsapp kelas untuk memotivasi para peserta didik kami agar mereka tetap semangat belajar di masa pandemi. Untuk mengolah Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa pandemi kami menggunakan google drive untuk memberikan materi dalam bentuk file word/ pdf kemudian memberikan tugas yang harus di kumpulkan peserta didik melalui link google form yang telah kami siapkan. Kegiatan tersebut berlangsung selama kurang lebih 3 bulan sampai kegiatan Penilaian Semester Genap berlangsung. 

guru belajar seri pandemi

MENGELOLA PEMBELAJARAN 

Setelah masuk pergantian tahun pelajaran 2020/2021, kami adakan evaluasi pada proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan memberikan angket kepada peserta didik melalui google form untuk mengetahui sejauh mana mereka memahami materi dan dapat memberikan masukan kepada kami dalam mengolah proses pembelajaran selanjutnya. Setelah mengadakan evaluasi dan membaca seluruh angket dari peserta didik, kami menemukan beberapa komentar dan usulan dari mereka :

  1. Penyampaian materi untuk matematika melalui video pembelajaran seperti youtube agar mudah di pahami
  2. Untuk mengirim tugas, sebaiknya menggunakan aplikasi yang mudah dan jadi satu dengan mata pelajaran lain supaya tidak bingung
  3. Sekali sekali menjelaskan secara live (langsung) agar tidak bosan

Dari masukan peserta didik tersebut, mulai mencoba untuk mengganti media pembelajaran daring kami menggunakan google classroom yang terintegrasi dengan youtube sebagai media penyampaian materi ajar. Kemudian untuk melaksanakan pembelajaran secara live (langsung) kami menggunakan aplikasi Zoom yang lebih mudah di pahami dan di gunakan oleh peserta didik. 

Selama proses tersebut kami selalu melakukan evaluasi secara terus menerus agar proses pembelajaran daring dapat berjalan dengan baik dan lancar. 

PROGRAM GURU BELAJAR

Program Guru Belajar seri masa Pandemi COVID-19 sangat membantu kami untuk mengembangkan proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang hingga saat ini masih kami laksanakan di sekolah kami. Beberapa perbedaan yang kami rasakan sebelum dan setelah mengikuti program ini antara lain :

  • PELAKSANAAN 

Sebelum mengikuti program Guru Belajar seri masa Pandemi COVID-19, pelaksanaan proses pembelajaran yang kami laksanakan dalam PJJ hanya memberikan materi, memberikan tugas kepada peserta didik kemudian menunggu jawaban di kirim dan dikoreksi. Namun setelah mengikuti program Guru Belajar seri masa Pandemi COVID-19 kami merasa proses tersebut sangat membosankan bagi peserta didik, maka dari itu kami mencoba cara baru dalam mengolah PJJ agar dapat menarik peserta didik dengan memberikan “kebebasan” kepada peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Dalam artian tidak mengurung kreatifitas peserta didik agar mereka mau menyampaikan pendapat, ide serta gagasan dan saling memberi komentar antara peserta didik yang lainnya sehingga proses pembelajaran dapat terbentuk komunikasi dua arah antara guru dan peserta didik, peserta didik dengan peserta didik yang lainnya. 

  • SUMBER BELAJAR

Sebelum mengikuti program Guru Belajar seri masa Pandemi COVID-19 kami hanya terpaku dengan sumber belajar dari modul atau video youtube yang kami berikan kepada peserta didik. Namun setelah mengikuti program Guru Belajar seri masa Pandemi COVID-19 kami dapat memberikan sumber belajar yang lebih beragam melalui TV-edukasi, portal rumah belajar, atau bahkan membuat video pembelajaran sendiri yang lebih menarik yang kemudian kami upload di kanal youtube pribadi kami. Secara tidak langsung kami sebagi guru juga dapat menjadi seorang konten kreator di youtube

  • EVALUASI 

Dalam proses evaluasi, sebelum mengikuti program Guru Belajar seri masa Pandemi COVID-19 kami selalu memberikan tugas dalam google form yang kemungkinan sangat memberatkan bagi peserta didik. Setelah mengikuti program Guru Belajar seri masa Pandemi COVID-19 kami mencoba untuk memberikan evaluasi yang tidak hanya menyangkut dengan hasil akhir dari materi pada hari itu, kami mengevaluasi proses yang mereka kerjakan selama mengikuti PJJ. 

Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "Best Practice Guru Belajar Masa Pandemi"