Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

RPP 1 Lembar | Trigonometri

Pandemi covid-19 yang terjadi pada tahun ini memaksa para guru untuk lebih inovatif dan kreatif dalam melaksanakan pembelajaran. Rencana awal semester genap tahun pelajaran 2020/2021 untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran tatap muka dikarenakan keadaan yang belum memungkinkan. Kali ini admin akan berbagi tentang RPP 1 Lembar Matematika sesuai dengan Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang RPP 1 Lembar. 

RPP 1 Lembar Matematika untuk materi Trigonometri berikut sebagai bahan awal dalam melaksanakan pembelajaran di awal tahun 2020/2021. 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
Sekolah : SMA ..................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X/ 2
Alokasi Waktu : 4x45 menit
KD : 3.7,3.8,3.9,3.10
Pertemuan ke : 1
Materi : Trigonometri 
A. TUJUAN 
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian materi Trigonometriyang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari materi Trigonometriyang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN 
Media :
Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Lembar penilaian
LCD Proyektor/ Slide presentasi (ppt)
Alat/Bahan :
Penggaris, spidol, papan tulis
Laptop & infocus
Kegiatan Pendahuluan Peserta didik memberi salam, berdoa, menyanyikan lagu Nasional (PPK)
Guru Mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi (yel-yel/ice breaking)
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan
Kegiatan Inti Kegiatan Literasi Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan terkait materi Pengenalan ukuran sudut, konversi sudut, dan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku
Critical Thinking Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, mulai dari pertanyaan faktual sampai dengan pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Pengenalan ukuran sudut, konversi sudut, dan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku.
Collaboration Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Pengenalan ukuran sudut, konversi sudut, dan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku.
Communication Peserta didik akan mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan.
Creativity Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Pengenalan ukuran sudut, konversi sudut, dan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku. Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami.
Kegiatan Penutup Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar
Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Guru bersama peserta didik berdoa bersama untuk mengakhiri pembelajaran
C. PENILAIAN 
  • Sikap  : Lembar pengamatan
  • Pengetahuan : LK peserta didik
  • Ketrampilan: Kinerja & observasi diskusi

Mengetahui,                                                                                         Pati, ...... Juli 2021
Kepala Sekolah                                                                                    Guru Mata Pelajaran



...............................                                                                              ..................................
NIP.                                                                                                      NIP. 

Untuk memudahkan dalam pembuatan RPP 1 Lembar Matematika materi Trigonometri dapat mendownload pada link berikut. 
  1. RPP 1 Lembar Trigonometri [Pertemuan ke 1]
  2. RPP 1 Lembar Trigonometri [Pertemuan ke 2]
  3. RPP 1 Lembar Trigonometri [Pertemuan ke 3]
  4. RPP 1 Lembar Trigonometri [Pertemuan ke 4]
  5. RPP 1 Lembar Trigonometri [Pertemuan ke 5]
  6. RPP 1 Lembar Trigonometri [Pertemuan ke 6]
  7. RPP 1 Lembar Trigonometri [Pertemuan ke 7]
  8. RPP 1 Lembar Trigonometri [Pertemuan ke 8]
  9. RPP 1 Lembar Trigonometri [Pertemuan ke 9]
  10. RPP 1 Lembar Trigonometri [Pertemuan ke 10]
Semoga Bermanfaat.

Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "RPP 1 Lembar | Trigonometri "