Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengaktifkan Akun Pembelajaran Belajar.id

Halo sahabat infoguru_ pasti teman-teman sudah mendapatkan akun pembelajaran belajar.id dari sekolah. Akun pembelajaran tersebut dapat teman-teman gunakan untuk mengakses jenis layanan pembelajaran seperti e-mail, google classroom, rumah belajar, zoom, google meet dan beberapa layanan google lainnya. 
Akun pembelajaran dengan domain belajar.id merupakan akun gratis yang di berikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) kepada seluruh pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik yang terdata dalam Data Pokok Pendidik (Dapodik). 
Tahukah teman-teman, untuk dapat mengakses dan mengaktifkan akun pembelajaran belajar.id maka operator sekolah terlebih dahulu harus melakukan proses berikut :
  1. Operator dapodik di satuan pendidikan melakukan login ke : pd.data.kemdikbud.go.id
  2. Kemudian operator sekolah dapat masuk dan mulai klik download "Unduh akun" untuk mendownload user id serta "akses masuk akuna (pasword)" seluruh pendidik, tenaga pendidik dan peserta didik di satuan pendidikan masing-masing
  3. Proses pendistribusian akun pembelajaran dapat segera dilakukan oleh operator satuan pendidikan kepada seluruh pendidik, tenaga pendidik dan peserta didik di satuan pendidikan masing-masing 
Untuk pendidik, tenaga pendidik dan peserta didik setelah mendapat akun dan pasword, dapat mengaktifkan akun masing-masing dengan cara :
  • Masuk pada laman : mail.google.com 
  • Jika sebelumnya sudah punya akun gmail yang telah login, maka klik tambah akun di pojok kanan atas. Kemudian teman-teman dapat memasukkan akun pembelajaran belajar.id dan pasword masing-masing.
akun pembelajaran belajar.id
  • Teman-teman akan diarahkan untuk menerima persetujuan dan ketentuan dari google, silakan klik "terima"
akun pembelajaran belajar.id
  • Kemudian teman-teman dapat mengganti pasword sesuai dengan keinginan teman-teman
  • Selamat, akun pembelajaran belajar.id sudah dapat di pakai dan dijelajahi. 
akun pembelajaran belajar.id

Semoga bermanfaat dan dapat digunakan dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa pendemi seperti ini ya teman-teman. 
Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan Akun Pembelajaran Belajar.id"