Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Nadiem : Asesmen Nasional Diundur September-Oktober 2021

Asesmen Nasional Mundur
Pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) untuk seluruh jenjang pendidikan dasar dan menengah resmi diundur hingga September-Oktober 2021. Kepastian tersebut diutarakan secara resmi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim saat menghadiri Rapat Kerja (Raker) secara virtual bersama Komisi X DPR RI pada hari Rabu tanggal 20 Januari 2021. 
Pelaksanaan AN yang rencananya akan digelar pada bulan Maret 2021 terpaksa harus diundur sampai bulan September-Oktober 2021 mengingat masih adanya resiko pandemi covid-19 yang masih marak terjadi di Indonesia. 
Mendikbud Nadiem mengaku tidak ingin Asesmen Nasional ini tidak maksimal nantinya dalam pelaksanaan jika dipaksakan, ketika diselenggarakan pada situasi yang kurang mendukung karena adanya pandemi covid-19. Dengan adanya penundaan ini, kiranya sekolah dapat lebih mempersiapkan secara matang protokol kesehatan sebelum dilaksanakannya Asesmen Nasional.
Lebih lanjut Nadiem juga menyampaikan bahwa "Kalau kita tidak melaksanakan Asesmen Nasional tahun ini artinya kita tidak akan bisa mengetahui mana sekolah-sekolah dan daerah yang paling tertinggal. Kalau kita tidak bisa mengetahui mana sekolah-sekolah dan daerah yang tertinggal maka kita tidak bisa membuat strategi penganggaran strategi bantuan untuk sekolah yang paling membutuhkan bantuan kita". 
Kita tahu bahwa Asesmen Nasional merupakan sistem penilaian baru di Indonesia yang akan mulai diberlakukan tahun ini. Asesmen Nasional sangat berbeda dengan Ujian Nasional (UN) yang mengukur kompetensi seluruh peserta didik. 
Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "Nadiem : Asesmen Nasional Diundur September-Oktober 2021"